Wednesday 7 March 2012

Tugas Kampus _Pasar Uang dan Modal_



Nama            : Lisriyanti R. Mahmud
Stambuk       : 102090010

2.      Pengertian Pengumpulan data : Kegiatan pengumpulan data pada prinsipnya merupakan kegiatan penggunaan metode dan instrumen yang telah ditentukan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Secara sederhana, pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkap atau menjaring berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan lingkup penelitian.

Contoh  data Cross section : yang sering digunakan adalah Sensus Penduduk yang menggambarkan struktur penduduk pada saat sensus itu dilakukan. Data cross section tidak menggambarkan perubahan-perubahan yang diakibatkan oleh perubahan waktu, sehingga data ini sifatnya statis. Namun demikian data ini bermanfaat sebagai suatu acuan standar untuk melakukan suatu perencanaan lanjutan.

Contoh data time series : Data deret waktu digunakan untuk melihat perkembangan suatu kegiatan tertentu, misalkan perkembangan produksi, perkembangan pelayanan yang terjadi, perkembangan harga suatu produk tertentu, dan lain sebagainya. Pada sisi lain data deret waktu seringkali digunakan dalam proses peramalan (forecasting), melalui suatu metode atau model tertentu.

3.      Pengertian pasar Uang dan Modal : Pasar uang dan modal merupakan pasar dimana di pertemukan antara permintaan dengan penawaran akan dana. Dalam pasar uang, dana yang di perdagangkan adalah instrument dana jangka pendek seperti promes, wesel, dan sebagainya. Sedangkan pasar modal dana yang di perdagangkan adalah dana jangka panjang seperti saham dan obligasi.

4.      Pasar Perdana adalah penawaran saham pertama kali dari emiten kepada para pemodal selama waktu yang ditetapkan oleh pihak penerbit (issuer) sebelum saham tersebut belum diperdagangkan di pasar sekunder.
Pasar sekunder adalah tempat terjadinya transaksi jual-beli saham diantara investor setelah melewati masa penawaran saham di pasar perdana, dalam waktu selambat-lambatnya 90 hari setelah ijin emisi diberikan maka efek tersebut harus dicatatkan di bursa.

Bursa paralel atau over the counter adalah suatu sistem perdagangan efek yang terorganisir di luar bursa efek resmi, dengan bentuk pasar sekunder yang diatur dan diselenggarakan oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE), diawasi dan dibina oleh Bapepam. Over the counter karena pertemuan antara penjual dan pembeli tidak dilakukan di suatu tempat tertentu tetapi tersebar diantara kantor para broker atau dealer.

5.      Manfaat Pasar Modal :
Manfaat pasar modal bagi emiten yaitu
a. jumlah dana yang dapat dihimpun bisa berjumlah besar ;
b. dana tersebut dapat diterima sekaligus pada saat pasar perdana selesai ;
c. ketergantungan emiten terhadap bank menjadi kecil ;
d. jangka waktu penggunaan tidak terbatas ;
e. tidak dikaitkan dengan kekayaan penjamin tertentu.
Manfaat pasar modal bagi investor adalah sebagai berikut
a. nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi ;
b. memperoleh deviden bagi mereka yang memiliki /memegang saham dan bunga tetap atau bunga mengambang bagi pemegang obligasi ;
c. mempunyai hak suara dalam RUPS bagi pemegang saham ;
d. dapat dengan mudah mengganti instrument investasi.
Manfaat pasar modal bagi lembaga pemerintah yaitu
a. mendorong laju pembangunan ;
b. penciptaan lapangan kerja ;
c. mendorong investasi ;
d. mengurangi beban anggaran bagi BUMN (Badan Usaha Milik Negara).
Manfaat pasar modal bagi lembaga penunjang yaitu
a. likuiditas efek semakin tinggi;
b. semakin memberi variasi pada jenis lembaga penunjang
c. sebagai pembentuk harga dalam bursa parallel.

0 komentar: