Thursday 8 March 2012

Proposal Usaha Warnet


I.                  PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Sekarang zaman globalisasi menjadi semakin maju ini dan perekonomian Negara sangat jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang harus kita ikuti. Salah satunya adalah mengoperasikan internet. internet sangat berguna bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan mudah perkembangan zaman dan dapat mempelajari sesuatu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Maka dari itu untuk membantu masyarakat saya ingin membuka usaha warung internet ini di berbagai daerah.
Saya seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinngi di Gorontalo tepatnya di UNIVERSITAS GORONTALO ingin mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini di UNIVERSITAS GORONTALO dengan kemampuan yang saya miliki untuk membuka usaha yg dpat membantu masyarakat dan juga memperbaiki Negara kita ini dengan menggunakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berpengalaman dibidangnya masing – masing. Dengan ini maka saya ingin agar masyarakat dari pelajar hingga orang tua dapat mengoperasikan internet sehingga dapat menguntungkan diri sendiri dan orang lain, selain itu secara langsung juga dapat membantu perekonomian Negara.
Internet : di jaman sekarang siapa yang tidak kenal internet? sungguh sangat tidak mengenal teknologi jika tidak mengenal internet. Banyak hal atau cara yang dapat dilakukan dengan hal yang satu ini. Seperti hanya mencari ilmu,meperluas jaringan,lagu, dan lain-lain. Banyak kendala orang yang belum bisa menggunakan internet,diantaranya karena tidak adanya jaringan yang menghubungkan ( modem ). Banyak orang mempunyai computer, tapi belum tentu mempunyai modem.
Manfaat internet yang bagaimana yang bisa kita peroleh dari kemajuan teknologi ini. Manfaat internet dewasa ini terasa semakin berperan penting dan sangat luas cakupannya. Bila pada sekitar 10 tahun yang lalu, manfaat internet lebih banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis, sekarang boleh dikatakan internet menjadi hal wajib bagi berbagai kalangan dan sebagian besar kalangan muda terutama.Juga akses internet sekarang jauh lebih mudah di dapat dengan banyak bertebarannya warnet, sekolah yang banyak menyediakan sarana dan memberikan pelajaran seputar dunia internet. Juga kecanggihan teknologi smartphones, gadget dan akses internet dari rumahpun sekarang bisa didapat dengan mudah dan dengan biaya yang relatif murah.
Internet seolah-olah seperti sebuah pintu, yang ketika kita melewatinya, akan terbentang berbagai macam hal dari seluruh belahan dunia. Bukan sebatas keterbatasan mata memandang, internet menawarkan kepada kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor. Seolah dunia internet tanpa batas ruang dan jarak. Lewat internet kita bisa banyak sekali mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal. Bertemu lewat internet dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, saling berbagi, saling berbincang, bertukar ide, bertukar pengetahuan dan tentu akan banyak lagi manfaat internet yang bisa kita dapat. 
Manfaat internet semakin sangat terasa bagi para pemakainya yang tidak bisa lepas dari dunia internet ini. Seperti misalnya para internet marketing, narablog, blogger, dan juga sekarang toko online semakin mempunyai
tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu. Konsumen tidak perlu repot lagi untuk memperoleh suatu barang. Bisa sekedar mencari tambahan informasi seputar barang yang diinginkan atau bahkan sekaligus memesan, membayar dan menyelesaikan semua transaksi, dan selanjutnya tinggal menunggu barang datang diantar sesuai alamat yang kita minta. 
Apakah bisa dipercaya, atau apakah tidak takut resiko untuk dibohongi bila memesan barang lewat internet? Tentu saja semua kemungkinan bisa terjadi, jangankan di dunia maya (baca: internet), di dunia nyata yang juga nyata kelihatan barang, penjual dan pembelinya sekalipun tetap saja bisa terjadi resiko tersebut. Seperti hampir semua hal di dunia, internet juga mempunyai dua sisi yang berbeda. Hitam dan putih, baik dan buruk, manfaat dan mudharat, positif dan negatif. Lalu sebenarnya apa manfaat internet yang bisa kita ambil, terutama untuk kalangan muda. Kita mulai dari dampak negatifnya dulu. 

Dampak Negatif Internet
§  Situs mesum, tidak sekedar hanya membuka situs mesum yang sangat bisa merusak moral generasi muda (bahkan tua). Pelaku yang tidak bertanggung jawab sangat bisa dan sangat mudah untuk sekaligus menjadi pelakunya, dengan mengunggah atau meng-upload foto atau video mesum melalui internet. Bahkan hal ini menjadi berita hangat yang biasa terdengar, "hei, ada video mesum baru ni" atau hal-hal semacam itu. Juga ketika beberapa waktu lalu, artis Indonesia papan atas yang tersandung kasus video mesum ini sampai memberikan dampak luas di kalangan masyarakat.

§  Game online, permainan game memang bisa membuat hanyut para penggemarnya. Apalagi game online yang bisa berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh belahan dunia. Sangat mengasikkan sekaligus membuat kecanduan, menjadi "lupa daratan tidak ingat lautan", lupa waktu, lupa kesehatan, boros biaya, (terutama bagi pelajar) dan lebih jauhnya lagi, game online bisa menjadi sarana perjudian. 

§  Media sosial atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Friendster juga seperti game online. Bisa membuat kecanduan dan lupa, bahkan jejaring sosial Facebook sudah banyak menelan korban kejahatan dengan berbagai cara yang dilakukan pelakunya untuk menjerat korbannya. 


§  Penipuan lewat internet, ini juga yang paling banyak ditanyakan, marak terjadi dan banyak yang menjadi korban. Layanan online bisa menjadi sarana untuk pelaku tindak kejahatan apapun namanya, untuk menjerat sasaran penipuan.

Dan masih ada dampak negatif internet ini. Tetapi, ketika kita hanya berhenti di sini, berpikiran buruk dan negatif tentang internet, kita hanya akan tinggal diam dan tidak pernah beranjak dari tempat, tidak pernah "kemana-mana" dan tidak bisa mengambil manfaat internet dari segi positifnya. Berikut ini beberapa manfaat positif internet.

Dampak Positif Internet
§  Menambah wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Bagi para pelajar juga sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di internet, dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru. Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, hanya semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana kedepannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju.

§  Mendapatkan banyak ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha. 

§  Sarana komunikasi, semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan
di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat. 

§  Mencari uang di internet, sangat mungkin, bisa dan masuk akal. Sudah sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat internet bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai internet marketing (misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum (baca: bukan teroris) oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Dan untuk informasi mengenai cara mencari uang di internet bisa lewat pencarian google.

Sangat banyak manfaat internet yang bisa kita peroleh. Seperti juga sebuah pisau tajam, untuk apa? Tergantung kita untuk menggunakannya, selalu ada pilihan dari dua sisi yang berlawanan.  Dan ini juga berlaku hampir untuk semua hal di dunia. Semoga kita bisa mengambil yang terbaik dari kemajuan teknologi, sisi positif dari manfaat internet ini.

2.      Maksud & Tujuan
Maksud pendirian tersebut agar masyarakat sekitar lebih mengenal dunia teknologi yang terus berkembang khususnya internet sebagai sarana mendapatkan informasi dan juga alat untuk berkomunikasi.
Tujuan Sosial:
a.       Memudahkan mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
b.      Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Komersial:
a)      Sebagai lahan berwirausaha.
b)      Mendapatkan Profit

3.      Kebutuhan SDM
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
§  Konsultan warnet
§  Tenaga ahli listrik
§  Tenaga ahli networking
§  Tenaga ahli komputer
§  Marketing
§  Operator warnet
Dari uraian kebutuhan SDM diatas, saya akan memenuhi semua kecuali operator warnet,saya hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.

4.      Jenis – Jenis pengguna Warnet
Beberapa type user WARNET paling dominan yang sering berkunjung:
1. Type Pemalu
User seperti ini biasanya malu buat masuk sendirian, setiap ke WARNET mesti berdua, bertiga, bahkan bergerombol. Dan sebelum masuk biasanya mereka ngobrol terlebih dahulu di depan WARNET, diskusi, cubit-cubitan, tarik-tarikan, jambak-jambakan biar salah satu dari mereka masuk ke warnet lebih dulu.
2. Type Cuek Bebek
Kadang type cuek bebek kaya gini yang bikin operator ngerasa ga dihargai, mereka maen masuk ke WARNET tanpa bertanya dulu PC nomer berapa yang kosong? alhasil kalau semua bilik lagi penuh, terus mereka keluar dan bertanya "Kompienya lagi penuh semua ya kang?" gue sebagai operator yang baik harus tetap bersikap ramah dan menjawab "Iya" walapun dalam hati kesel dan pengen banget rasanya bilang "Makanya kalo mau masuk nanya dulu!". Atau bahkan parahnya dari masuk sampe keluar ga nyapa operatornya sama sekali kalau semua PCs lagi penuh (emang gue segede ini ga keliatan kali ya!!)
3. Type Orang Tersesat
Pertama mau masuk... "Mas ini WARNET ya?" (padahal udah jelas skotlet di depan bertuliskan WARNET), setelah masuk mereka bertanya lagi "Mas ini pencet yang mana??" (kayanya baru pertama kali ke WARNET nih, masa Personal n Paket aja ga tau!!), setelah sang OP memberitahu dan melangkah menuju kursi duduk OP, sang user bertanya lagi "Mas ini cara nyari data ini gimana???" setelah itu, ketika sang OP sedang duduk mau nulis di blog, user-pun memanggil lagi "Mas kalo mau simpen di flashdisk gimana???" (mending kursus aja dulu deh 'ser).
4.      Type Dermawan
Type user seperti ini amat sangat diharapkan oleh para OP yang sedang KANKER (kantong kering), biasanya mereka tidak terlalu pusing dengan uang kembalian yang kurang bahkan makanan yang mereka makan di WARNET selalu mereka tawarkan ke OP, dan kadang meminta tolong membeli sesuatu dan dimakan bersama bahkan beli 2 (misalnya beli nasi 2, gorengan, dll).
5.      Type Ayam Bertelur
User yang seperti ini adalah yang sudah PW/nyaman di salah satu PCs dan tidak mudah berpindah ke lain PC (gamers-lah yang biasanya menyandang predikat ini), mereka rela menunggu beberapa jam untuk bisa memakai kompie idaman, kalaupun sudah 'sakau' untuk nge-game dan tak ada pilihan lain, maka keputusan akhirnya adalah memakai PC lain dan berwasiat kepada OP kalau kompie idamannya sudah kosong, minta dipindahkan dengan segera.
Nama latinnya dari type ini adalah Tybeurang typeuting (ngarang) karena sedari siang sampe malem masih aja di WARNET, tidur di WARNET, makan di WARNET (tapi ga jamin lho dia mandi di WARNET), lagi-lagi gamers-lah yang patut menyandang gelar ini.
6.      Type Tupai Melompat
Ada kan pepatahnya "Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti dia pegel juga", Type ini adalah salah satu type yang merepotkan sang OP, karena mereka ga mau diem kalau lagi maen, apalagi WARNET lagi dalam kondisi kosong, hampir semua dijelajahi itu PCs, pindah sana pindah sini sampai mereka merasa PW/nyaman dengan PC yang sesuai dengan hatinya.
7.      Type Pendengar Radio
User yang seperti ini biasanya yang maen di dekat server dan me-request lagu kesayangannya atau lagu yang sedang laris di pasaran baik meminta secara langsung ataupun kirim message via chat billing.
8.      Type Geniters
Tanpa mematok satu gender karena bisa jadi sang user adalah cewe atau cowo bahkan mahluk ga jelas sekalipun (WARIA dan sejenisnya), type ini jarang sekali dijumpai dan kalaupun ada hanya OP yang mempunyai paras rupawan, tapi bisa juga walaupun tampang OP-nya biasa aja. Mereka selalu CURPAN (curi-curi pandang) bahkan memandangi OP secara terus menerus, entah karena kagum, mengharapkan kortingan, gratisan atau mungki nomer HenPon.

II.               NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “Piok Net” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang tetap.

III.             RENCANA LOKASI USAHA

Rencana Usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh seorang wirausaha yang menggambarkan hubungan faktor-faktor internal dan eksternal yang terlibat dalam memulai bisnis baru.
Faktor-faktor fungsional yang terintegrasi :
- pemasaran
- keuangan
- manufacturing (operasi)
- sumberdaya manusia
Pihak lain yang terlibat pembuatan Rencana Usaha selain Wirausahawan :
1. Lawyers (Ahli Hukum)
2. Akuntan
3. Konsultan Pemasaran
4. Engineers

Rencana lokasi usaha akan di tempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Lokasi dekat dengan kawasan kantor dan pendidikan seperti universitas atau sekolah
2. Lokasi berada di pusat keramaian
3. Lokasi berada ditengah kawasan penduduk
Lokasi yang diprioritaskan terdapat pada daerah Gorontalo dengan pertimbangan :
1.      Lokasi belum ada warnet dalam radius 2 KM.
2.      Lokasi dekat dengan perguruan tinggi atau kantor.
3.      Di sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.
4.      Lokasi berada pada perumahan penduduk.
5.      Lokasi dekat dengan Kos-an Mahasiswa

IV.             TARGET PELANGGAN

Pengertian pelanggan secara sempit adalah semua orang atau organisasi yang melakukan pembelian produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Termasuk dalam pengertian ini pembeli riil (yang benar-benar sudah membeli) atau pembeli potensial (target market, pembeli pertama dan pembeli yang baru mengadakan penjajakan).
Pengertian pelanggan dalam arti luas adalah semua pihak yang mempunyai hubungan / kepentingan dengan perusahaan (stake holders) seperti ; Supplier , Distributor/penyalur, pemilik perusahaan, kreditor/investor, karyawan organik/non organik, pembeli produk & jasa.
Fokus utama positioning adalah persepsi pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan bukan hanya sekedar produk fisik. Keberhasilan positioning sangat ditentukan oleh kemampuan sebuah perusahaan untuk mendeferensiasikan atau memberikan nilai superior kepada pelanggan. Nilai superior sendiri dibentuk dari beberapa komponen.
Target pelanggan warnet ini adalah pelajar dan mahasiswa disekitarnya. Mereka adalah pengguna internet dalam frekwensi tinggi. Umumnya mereka hanya membuka situs www.facebook.com , www.twitter.com dan game seperti (PB, ATLANTICA, CS) dan game online lainnya.
Di lokasi yang di rencanakan tak jauh dari perguruan tinggi (UNIVERSITAS GORONTALO), SMA (SMA NEGERI I LIMBOTO), SMP (SMP NEGRI I LIMBOTO).
Ada juga perkantoran (GAPENSI, KANTOR BLH, KANTOR PERTANIAN, KANTOR BAPECAPIL, KANTOR PU, KANTOR PERTANAHAN, KANTOR PENGADILAN NEGRI LIMBOTO, KANTOR PAJAK) dan masih banyak kantor – kantor lainnya yang tak jauh dari lokasi pembangunan Warnet yang saya rencanakan.

V.                JENIS USAHA

Jenis-Jenis Usaha Dalam Bidang Ekonomi
a. Agraris
Usaha dalam bidang agraris menggunakan lahan tanah sebagai faktor produksi utama. Misalnya pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.
Bidang agraris dapat menghasilkan bahan pangan seperti padi, sayur, daging, ikan dan susu. Bidang ini juga dapat menghasilkan bahan baku industri seperti tebu, cokelat kelapa sawit dan kapas.
b. Industri
Usaha bidang industri merupakan jenis usaha yang mengola bahan mentah menjadi bahan jadi, bahan mentah menjadi bahan setengah jadi, dan bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.
  • Bahan mentah adalah bahan yang perlu diolah dulu agar dapat memenuhi kebutuhan, misalnya kapas dan kayu gelondongan.
  • Bahan setengah jadi adalah hasil olahan dari bahan mentah tapi masih perlu diolah lagi agar siap digunakan, contoh benag bagi industri tekstil dan tepung bagi industri roti.
·         Bahan jadi adalah hasil akhir proses pengolahan yang sudah siap untuk digunakan, misalnya baju, sepeda dan televisi.

c. Perdagangan
Usaha dalam bidang perdagangan adalah jenis usaha menjual barang-barang produksi kepada pihak lain tanpa mengola bahan tersebut. Misalnya pedagang beras, bahan bangunan dan makanan.
d. Jasa
Usaha bidang jasa adalah jenis usaha yang tidak menghasilkan benda melainkan memberikan pelayanan kepada pihak lain sesuai kebutuhan. Misalnya guru, dokter dan paramedis.
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki adalah :
1. Warnet dan Game online
2. Training internet lepas
3. Service komputer
4. Digital printing
5. Video shooting dan transfer VCD
6. Training komputer
7. Penjualan voucher pulsa
8. Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.

VI.             KEUNGGULAN
Keunggulan yang di miliki antara lain :
1. Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat saya lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa pihak ketiga.
2. Saya sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk sekolah.
3. Saya juga sudah sangat sering mengadakan pelatihan internet dan website kepada pelajar dengan organisasi ekskul sekolah.

VII.          PERANGKAT KERAS DAN LUNAK

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,  karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh  komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Perangkat keras yang akan digunakan dalan komputer dalam usaha ini adalah :
§  Komputer Pentium 4 built up second sebanyak 10 unit, server Pentium Core 2 Duo 1 unit.
§  Perangkat jaringan.
§  Koneksi internet menggunakan Wireless dengan Telkomnet Speedy ADSL
§  Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional atau sejenisnya.

VIII.       MODAL DAN LABA

Modal (pembelanjaan dari luar perusahaan) dikelompokkan dalam dua jenis, yakni: hutang dan ekuitas (= modal sendiri). Hutang mempunyai keunggulan berupa (Brigham and Gapenski, 1997: 767-768): 1) bunga mengurangi pajak sehingga biaya hutang rendah, 2) kreditur memperoleh return terbatas sehingga pemegang saham tidak perlu berbagi keuntungan ketika kondisi bisnis sedang maju, 3) kreditur tidak memiliki hak suara sehingga pemegang saham dapat mengendalikan perusahaan
dengan penyertaan dana yang kecil. Meskipun demikian, hutang juga mempunyai kelemahan, yaitu: 1) hutang biasanya berjangka waktu tertentu untuk dilunasi tepat waktu, 2) rasio hutang yang tinggi akan meningkatkan risiko yang selanjutnya akan meningkatkan biaya modal, 3) bila perusahaan dalam kondisi sulit dan labanya tidak dapat memenuhi beban bunga maka tidak tertutup kemungkinan dilakukan tindakan likuidasi.
Laba bagi perusahaan pada hakekatnya adalah cerminan dari keberhasilan tujuan perusahan itu sendiri, yaitu profit oriented. Perencanaan laba merupakan suatu proses perencanaan keuangan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan perencanaan imi manajer keuangan dapat menentukan aktivitas perusahaan untuk mencapai target laba yang ditentukan.
Laba adalah kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari transaksi sampingan atau transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha, dan dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempunyai badan usaha selama satu periode, kecuali yang timbul dari pendapatan (revenue) atau investasi pemilik (Baridwan, 1992: 55).
Pengertian laba secara umum adalah selisih dari pendapatan di atas biaya-biayanya dalam jangka waktu (perioda) tertentu. Laba sering digunakan sebagai suatu dasar untuk pengenaan pajak, kebijakan deviden, pedoman investasi serta pengambilan keputusan dan unsur prediksi (Harnanto, 2003: 444).
Dalam teori ekonomi juga dikenal adanya istilah laba, akan tetapi pengertian laba di dalam teori ekonomi berbeda dengan pengertian laba menurut akuntansi. Dalam teori ekonomi, para ekonom mengartikan laba sebagai suatu kenaikan dalam kekayaan perusahaan, sedangkan dalam akuntansi, laba adalah perbedaan pendapatan yang direalisasi dari transaksi yang terjadi pada waktu dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan pada periode tertentu (Harahap, 1997).
Laba atau rugi sering dimanfaatkan sebagai ukuran untuk menilai prestasi perusahaan atau sebagai dasar ukuran penilaian yang lain, seperti laba per lembar saham. Unsur-unsur yang menjadi bagian pembentuk laba adalah pendapatan dan biaya. Dengan mengelompokkan unsur-unsur pendapatan dan biaya, akan dapat diperoleh hasil pengukuran laba yang berbeda antara lain: laba kotor, laba operasional, laba sebelum pajak, dan laba bersih.
Pengukuran laba bukan saja penting untuk menentukan prestasi perusahaan tetapi penting juga penting sebagai informasi bagi pembagian laba dan penentuan kebijakan investasi. Oleh karena itu, laba menjadi informasi yang dilihat oleh banyak seperti profesi akuntansi, pengusaha, analis keuangan, pemegang saham, ekonom, fiskus, dan sebagainya (Harahap, 2001: 259). Hal ini menyebabkan adanya berbagai definisi untuk laba.

Modal Awal :
1. Perizinan                                                     Rp. 1.000.000
2. - DP Sewa Gedung/Ruko                           Rp. 1.500.000
- AC                                                                Rp.  1.000.000
- Meja & Kursi 15 Set                                     Rp.  2.300.000
- Pendaftaran Pelanggan PLN+Pemasangan Rp. 1.000.000
- Biaya Pemasangan Modem & Speedy         Rp. 750.000
3. 10 Perangkat komputer Client
spesifikasi :
-Processor Intel Pentium 4 3,00 Ghz
-RAM 1 Gb
-Hardisk 40 Gb                  Rp. 3.000.000 x 10 Pc = Rp. 30.000.000
-Monitor LC               
-Keyboard Classic
-Mouse Optic
4. 1 Perangkat komputer Server
spesifikasi :
-Processor intel pentium Core 2 Duo
-RAM 2 Gb                                                     Rp. 5.000.000
-VGA 256 Mb
-Hardisk 80 Gb
-Keyboard Multimedia
-Mouse Optic

5. Hardware
-Kabel UTP 100 Meter                                   Rp. 1.000.000
-Hub 25 Port                                                   Rp. 1.000.000
-Switch                                                            Rp. 800.000
-Layanan ISP Telkom Speedy + Modem       Rp. 500.000
-Printer                                                            Rp. 1.000.000
-Socket RJ45 20 Buah                                    Rp.    100.000
-Headset & Webcam                       Rp. 200.000x10=Rp.2.000.000
-Speaker untuk server                                     Rp.    200.000
6. Software
- OS Ms Windows XP Professional Original Rp. 1.300.000
7. Biaya Tak Terduga                                      Rp. 500.000
8. Biaya Pengiriman & Administrasi              Rp. 3.000.000
Biaya Operasional :
1. Sewa Gedung                                             Rp. 1.000.000/bln
2. Biaya Listrik                                               Rp. 750.000/bln
3. Biaya Koneksi Internet                               Rp. 1.000.000/bln
Jumlah Keseluruhan                                     Rp. 56.700.000

Modal yang saya butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan pertama adalah Rp 56.700.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 6.500.000,- per bulannya.
Perkiraan Pendapatan Kotor (Bruto):
Buka Dari Jam 07.00 s.d. 24.00                      = 17 Jam
Sewa Per Jam                                                  = Rp. 3000
Perkiraan Sewa Per Hari                                 = 10 Jam X 10
= 100 Jam
Perkiraan Pendapatan Per Hari                       = 100 x 3000
= Rp. 300.000
Perkiraan Pendapatan Per Bulan                     = Rp. 300.000 x 30
Total                                                                = Rp. 9.000.000
Perkiraan Pengeluaran :
- Listrik =Rp. 750.000/Bulan
- Biaya Telpon & Speedy                                =Rp. 1.000.000/Bulan
- Sewa Gedung/Ruko                                    =Rp. 1.000.000/Bulan
- Gaji Operator                                                =Rp.   500.000/Bulan
Jumlah                                                             =Rp. 2.500.000
Perkiraan Pendapatan Bersih/Bulan:
Pendapatan Kotor                                           =Rp. 9.000.000
Pengeluaran                                                     =Rp. 2.500.000
Jumlah                                                             =Rp. 6.500.000


Sedangkan modal untuk usaha selain warnet adalah mengambil dari beberapa sumber antara lain:
1. Penambahan modal oleh pemodal.
2. Keuntungan bulanan pemodal,bila pengelola ingin ikut menambah investasi.
3. Keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4. Dari pemodal lain yang ingin ikut andil dalam menanamkan saham.

IX.           PEMBAGIAN HASIL

Suatu sistem yang meliputi pembagian hasil usaha antara pemodal dan pengelola dana pembagian hasil usaha. Misalnya, antara bank syariah dengan penyimpan dana serta antara bank syariah dengan nasabah penerima dana. Akad yang digunakan bisa menggunakan akad mudharabah dan akad musyarakah.
Prosentase pembagian hasil yang saya tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untuk pengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp. 2.400.000,- perbulan. Dengan demikian diperkirakan pemodal akan kembali modal paling lama 24 bulan.

X.               BIAYA PENYUSUTAN

Alokasi biaya yang tepat harus dilakukan diantara berbagai pos aktiva keperiode-periode akuntansi untuk menunjukan alokasi harga perolehan aktiva tetap.Demikian pula biaya umum yang berkenaan dengan lebih dari satu aktivitas harus didistribusikan dengan tepat menurut dasar pembebanan yang layak, seperti faktor waktu atau faktor penggunaan.

Zaki Baridwan (1992:307) Mendefinisikan penyusutan adalah pengalokasian sebagian dari harga perolehan aktiva yang secara sistematis dialokasikan menjadi biaya setiap periode akuntansi. Dalam PSAK No.17 paragraf 02 mendefinisikan bahwa penyusutan adalah alokasi jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan sepanjang masa manfaat yang diestimasi, penyusutan untuk periode akuntansi dibebankan kependapatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari definisi tersebut mengandung pengertian bahwa penyusutan dapat dilakukan pada aktiva yang mempunyai masa manfaat dan penyusutan tersebut dialokasikan menjadi biaya pada periode akuntansi.

Estimasi dari masa manfaat suatu aktiva yang dapat disusutkan untuk suatu perusahaan, mungkin lebih pendek dari pada usia fisiknya, hal ini mungkin disebabkan aktiva tersebut aus dan kerusakan fisik yang tergantung pada faktor operasional, seperti frekwensi penggunaan aktiva, program perbaikan dan pemeliharaan, dan factor-faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, faktor keusangan yang timbul dari perubahan teknologi atau perbaikan dalam produksi dan pembahasan hukum seperti tanggal batas penggunaan.
Penyusutan atau Depresiasi Aktiva Tetap adalah pengalokasian harga perolehan aktiva tetap untuk periode-periode aktiva tersebut digunakan. Suatu barang semakin lama kondisinya & nilainya akan menurun, sehingga kita perlu mengalokasikan harga perolehannya itu selama umur barang itu bisa dipakai.
Contoh – Pengusaha Warnet
Perusahaan membeli satu unit komputer seharga 6 juta, pengeluaran ini jangan langsung dibeban pada laba rugi karena komputer kan ga langsung habis seperti beli tinta atau kertas. Maka munculah yg dinamakan “biaya penyusutan”
Hal-hal yang menyebabkan penyusutan:
1.      Faktor Teknis
            a. rusak
            b. aus
            c. bencana alam dll
2.      Faktor Ekonomis
            a. Harga perolehan
            b. nilai sisa
            c. Umur ekonomis
            d. Metode penyusutan yang digunakan
Pada perinsipnya jumlah asset pemodal adalah sama baik saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke 2, dst. Karena saya menganggarkan biaya penyusutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset milik pemodal sehingga total asset pemodal tetap walaupun harga barang menjadi susut atau rusak.

XI.           SURAT PERJANJIAN

PERJANJIAN merupakan suatu “perbuatan”, yaitu perbuatan hukum, perbuatan yang mempunyai akibat hukum. Perjanjian juga bisa dibilang sebagai perbuatan untuk memperoleh seperangkat hak dan kewajiban, yaitu akibat-akibat hukum yang merupakan konsekwensinya. Perbuatan hukum dalam perjanjian merupakan perbuatan-perbuatan untuk melaksanakan sesuatu, yaitu memperoleh seperangkat hak dan kewajiban yang disebut prestasi. Prestasi itu meliputi perbuatan-perbuatan:
§  Menyerahkan sesuatu, misalnya melakukan pembayaran harga barang dalam perjanjian jual beli barang.
§  Melakukan sesuatu, misalnya menyelesaikan pembangunan jembatan dalam perjanjian pemborongan pekerjaan.
§  Tidak melakukan sesuatu, misalnya tidak bekerja di tempat lain selain perusahaan tempatnya bekerja dalam perjanjian kerja.
Perjanjian melibatkan sedikitnya dua pihak yang saling memberikan kesepakatan mereka. Para pihak ini berdiri berhadap-hadapan dalam kutub-kutub hak dan kewajiban. Pihak yang berkewajiban memenuhi isi perjanjian disebut debitur, sedangkan pihak lain yang berhak atas pemenuhan kewajiban itu disebut kreditur. Dalam perjanjian jual beli mobil, sebagai penjual Gareng berhak memperoleh pembayaran uang harga mobil, dan disisi lain ia juga berkewajiban untuk menyerahkan mobilnya kepada Petruk. Sebaliknya, sebagai pembeli Petruk wajib membayar lunas harga mobil itu dan ia sekaligus berhak memperoleh mobilnya.
Selain orang-perorangan (manusia secara biologis), para pihak dalam perjanjian bisa juga terdiri dari badan hukum. Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan hukum yang dapat menjadi salah satu pihak – atau keduanya – dalam perjanjin. Kedua-duanya merupakan subyek hukum, yaitu pihak-pihak yang dapat melakukan perbuatan hukum, pihak-pihak yang mengemban hak dan kewajiban. Suatu badan hukum segala perbuatan hukumnya akan mengikat badan hukum itu sebagai sebuah entitas legal (legal entity). Meskipun perbuatan badan hukum itu diwakili pemimpinnya – misalnya Direktur dalam Perseroan Terbatas – namun perbuatan itu tidak mengikat pemimpin badan hukum itu secara perorangan, melainkan mewakili perusahaan sebagai legal entity.
Dalam pelaksanaannya, jika terjadi pelanggaran perjanjian, misalnya salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya (wanprestasi) sehingga menimbulkan kerugian pada hak pihak yang lain, maka pihak yang dirugikan itu dapat menuntut pemenuhan haknya yang dilanggar. Kalau Gareng sepakat untuk menjual mobilnya kepada Petruk, demikian juga Petruk sepakat untuk membeli mobil itu dari Gareng, maka keteledoran Petruk melakukan pembayaran  harga mobil secara tepat waktu akan melanggar hak Gareng. Selain melanggar hak, keteledoran Petruk juga dapat merugikan Gareng karena Gareng tidak bisa menjual mobil itu ke pihak lain yang memiliki komitmen lebih tinggi – secara waktu Gareng telah dirugikan.
Tujuan perjanjian layaknya membuat undang-undang, yaitu mengatur hubungan hukum dan melahirkan seperangkat hak dan kewajiban. Bedanya, undang-undang mengatur masyarakat secara umum, sedangkan perjanjian hanya mengikat pihak-pihak yang memberikan kesepakatannya. Karena setiap orang dianggap melek hukum, maka terhadap semua undang-undang masyarakat telah dianggap mengetahuinya – sehingga bagi mereka yang melanggar, siapapun, tak ada alasan untuk lepas dari hukuman. Demikian pula perjanjian, bertujuan mengatur hubungan-hubungan hukum namun sifatnya privat, yaitu hanya para pihak yang menandatangani perjanjian itu saja yang terikat. Jika dalam pelaksanaannya menimbulkan sengketa, perjanjian itu dapat dihadirkan sebagai alat bukti di pengadilan guna menyelesaikan sengketa. Perjanjian membuktikan bahwa hubungan hukum para pihak merupakan sebuah fakta hukum, yang dengan fakta itu kesalahpahaman dalam sengketa dapat diluruskan – bagaimana seharusnya hubungan itu dilaksanakan dan siapa yang melanggar.
Surat Perjanjian adalah Naskah Dinas yang berisi suatu kesepakatan bersama yang mengikat antara pihak-pihak tertentu untuk melakukan tindakan/perbuatan hukum yang telah disepakati bersama.
Demi keamanan investasi, saya  menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal dan pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum.

XII.        STRATEGI PROMOSI
Definisi strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture (David, p.15, 2004).
Pengertian strategi adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi (Glueck dan Jauch, p.9, 1989).
Pengertian strategi secara umum dan khusus sebagai berikut:
1.      Pengertian Umum
Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

2.      Pengertian khusus
Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.

Perumusan Strategi
Perumusan strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan customer value terbaik.
Beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan dalam merumuskan strategi, yaitu:
1. Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki oleh perusahaan di masa depan dan menentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut.
2. Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan misinya.
3. Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategi-strategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.
4. Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
5. Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. (Hariadi, 2005).
Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219).
Sementara Sistaningrum (2002 : 98) mengungkapkan arti promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang. Konsumen aktual adalah konsumen yang langsung membeli produk yang ditawarkan pada saat atau sesaat setelah promosi produk tersebut dilancarkan perusahaan. Dan konsumen potensial adalah konsumen yang berminat melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan dimasa yang akan datang.
Adapun tujuan dari pada perusahaan melakukan promosi menurut Tjiptono (2001 : 221) adalah menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding) pelangggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Sistaningrum (2002 : 98) menjelaskan tujuan promosi adalah empat hal, yaitu memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi dan membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.
Pada prinsipnya antara keduanya adalah sama, yaitu sama-sama menjelaskan bila produk masih baru maka perlu memperkenalkan atau menginformasikan kepada konsumen bahwa saat ini ada produk baru yang tidak kalah dengan produk yang lama. Setelah konsumen mengetahui produk yang baru, diharapkan konsumen akan terpengaruh dan terbujuk sehingga beralih ke produk tersebut. Dan pada akhirnya, perusahaan hanya sekedar mengingatkan bahwa produk tersebut tetap bagus untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan karena banyaknya serangan yang datang dari para pesaing.
Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.
 Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1.      Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
2.      Saya akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, saya menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek.

XIII.    PENUTUP

Demikian proposal yang saya buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih.

LAMPIRAN

CURRICULUM VITAE (CV) PEMILIK WARNET
Data Pribadi:
Nama Lengkap            : Lisriyanti R. Mahmud
Tempat/Tgl. Lahir        : Tibawa, 30 Mei 1990
Jenis Kelamin              : Perempuan
Agama                         : Islam
Status                          : Belum Menikah
Kewarganegaraan       : Indonesia
Alamat                        : Jl. ..............................
Kel. ...... Kec. ..............., Kab. .............. - Gorontalo
No. Telp/Hp                : 085240xxxxxx

Pendidikan Formal :
1. UNIVERSITAS GORONTALO,FAKULTAS EKONOMI (Manajemen Keuangan)
2. MA Negeri Limboto, lulusan tahun 2008 (Berijazah)
3. SMP Negeri I pulubala, lulusan tahun 2005 (Berijazah)
4. SD Negeri I Molalahu, Lulus tahun 2002 (Berijazah)

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Atas perhatian bapak/ibu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Lisriyanti R. Mahmud







1 komentar:

Admin WarnetGea said...

usaha warnet sekarang mah gimana ya bisnis warnet sekarang mah ngeri-ngeri sedap, apalagi sekarang ini sudah banyak hp andorid murah nan canggih, yang bisa memainkan game2 yang gak kalah juga dengan game pc, browsing pun makin mudah dihp apalagi paketan data inet semakin murah, solusinya warnet kudu bisa trasformasi menjadi warfi/warung wifi yang melayani penjualan voucher wifi untuk hp2 itu. salam  warnet Gea tahun 2019 moga jaya