I.
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Sekarang zaman globalisasi menjadi
semakin maju ini dan perekonomian Negara sangat jauh tertinggal. Sudah banyak
perkembangan zaman yang harus kita ikuti. Salah satunya adalah mengoperasikan
internet. internet sangat berguna bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat
mengetahui dengan mudah perkembangan zaman dan dapat mempelajari sesuatu
menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Maka dari itu untuk membantu masyarakat saya
ingin membuka usaha warung internet ini di berbagai daerah.
Saya seorang mahasiswa di salah satu
perguruan tinngi di Gorontalo tepatnya di UNIVERSITAS GORONTALO ingin
mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini di UNIVERSITAS GORONTALO
dengan kemampuan yang saya miliki untuk membuka usaha yg dpat membantu
masyarakat dan juga memperbaiki Negara kita ini dengan menggunakan sumber daya
manusia yang berkualitas dan berpengalaman dibidangnya masing – masing. Dengan
ini maka saya ingin agar masyarakat dari pelajar hingga orang tua dapat
mengoperasikan internet sehingga dapat menguntungkan diri sendiri dan orang
lain, selain itu secara langsung juga dapat membantu perekonomian Negara.
Internet : di jaman sekarang siapa yang
tidak kenal internet? sungguh sangat tidak mengenal teknologi jika tidak
mengenal internet. Banyak hal atau cara yang dapat dilakukan dengan hal yang
satu ini. Seperti hanya mencari ilmu,meperluas jaringan,lagu, dan lain-lain.
Banyak kendala orang yang belum bisa menggunakan internet,diantaranya karena
tidak adanya jaringan yang menghubungkan ( modem ). Banyak orang mempunyai
computer, tapi belum tentu mempunyai modem.
Manfaat internet
yang bagaimana yang bisa kita peroleh dari kemajuan teknologi ini. Manfaat
internet dewasa ini terasa semakin berperan penting dan sangat luas
cakupannya. Bila pada sekitar 10 tahun yang lalu, manfaat internet lebih banyak
digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis, sekarang boleh dikatakan
internet menjadi hal wajib bagi berbagai kalangan dan sebagian besar kalangan
muda terutama.Juga akses internet sekarang jauh lebih mudah di dapat dengan
banyak bertebarannya warnet, sekolah yang banyak menyediakan sarana dan
memberikan pelajaran seputar dunia internet. Juga kecanggihan teknologi smartphones,
gadget dan akses internet dari rumahpun sekarang bisa didapat dengan mudah dan
dengan biaya yang relatif murah.
Internet seolah-olah seperti sebuah pintu, yang ketika
kita melewatinya, akan terbentang berbagai macam hal dari seluruh belahan
dunia. Bukan sebatas keterbatasan mata memandang, internet menawarkan kepada
kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di
depan layar monitor. Seolah dunia internet tanpa batas ruang dan jarak. Lewat
internet kita bisa banyak sekali mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai
hal. Bertemu lewat internet dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia,
saling berbagi, saling berbincang, bertukar ide, bertukar pengetahuan dan tentu
akan banyak lagi manfaat internet yang bisa kita dapat.
Manfaat internet
semakin sangat terasa bagi para pemakainya yang tidak bisa lepas dari dunia
internet ini. Seperti misalnya para internet marketing, narablog, blogger, dan
juga sekarang toko online semakin mempunyai
tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu. Konsumen tidak perlu repot lagi untuk memperoleh suatu barang. Bisa sekedar mencari tambahan informasi seputar barang yang diinginkan atau bahkan sekaligus memesan, membayar dan menyelesaikan semua transaksi, dan selanjutnya tinggal menunggu barang datang diantar sesuai alamat yang kita minta.
tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu. Konsumen tidak perlu repot lagi untuk memperoleh suatu barang. Bisa sekedar mencari tambahan informasi seputar barang yang diinginkan atau bahkan sekaligus memesan, membayar dan menyelesaikan semua transaksi, dan selanjutnya tinggal menunggu barang datang diantar sesuai alamat yang kita minta.
Apakah bisa dipercaya, atau apakah tidak takut resiko
untuk dibohongi bila memesan barang lewat internet? Tentu saja semua
kemungkinan bisa terjadi, jangankan di dunia maya (baca: internet), di dunia
nyata yang juga nyata kelihatan barang, penjual dan pembelinya sekalipun tetap
saja bisa terjadi resiko tersebut. Seperti hampir semua hal di dunia, internet
juga mempunyai dua sisi yang berbeda. Hitam dan putih, baik dan buruk, manfaat
dan mudharat, positif dan negatif. Lalu sebenarnya apa manfaat internet
yang bisa kita ambil, terutama untuk kalangan muda. Kita mulai dari dampak
negatifnya dulu.
Dampak Negatif Internet
§ Situs
mesum, tidak sekedar hanya membuka situs mesum yang sangat
bisa merusak moral generasi muda (bahkan tua). Pelaku yang tidak bertanggung
jawab sangat bisa dan sangat mudah untuk sekaligus menjadi pelakunya, dengan mengunggah
atau meng-upload foto atau video mesum melalui internet. Bahkan hal ini menjadi
berita hangat yang biasa terdengar, "hei, ada video mesum baru ni"
atau hal-hal semacam itu. Juga ketika beberapa waktu lalu, artis Indonesia
papan atas yang tersandung kasus video mesum ini sampai memberikan dampak luas
di kalangan masyarakat.
§ Game
online, permainan game memang bisa membuat hanyut para
penggemarnya. Apalagi game online yang bisa berinteraksi dengan banyak orang
dari seluruh belahan dunia. Sangat mengasikkan sekaligus membuat kecanduan,
menjadi "lupa daratan tidak ingat lautan", lupa waktu, lupa
kesehatan, boros biaya, (terutama bagi pelajar) dan lebih jauhnya lagi, game
online bisa menjadi sarana perjudian.
§ Media
sosial atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan
Friendster juga seperti game online. Bisa membuat kecanduan dan lupa, bahkan
jejaring sosial Facebook sudah banyak menelan korban kejahatan dengan berbagai
cara yang dilakukan pelakunya untuk menjerat korbannya.
§ Penipuan
lewat internet, ini juga yang paling banyak ditanyakan,
marak terjadi dan banyak yang menjadi korban. Layanan online bisa menjadi
sarana untuk pelaku tindak kejahatan apapun namanya, untuk menjerat sasaran
penipuan.
Dan masih ada dampak negatif internet ini. Tetapi, ketika
kita hanya berhenti di sini, berpikiran buruk dan negatif tentang internet,
kita hanya akan tinggal diam dan tidak pernah beranjak dari tempat, tidak
pernah "kemana-mana" dan tidak bisa mengambil manfaat internet
dari segi positifnya. Berikut ini beberapa manfaat positif internet.
Dampak Positif Internet
§ Menambah
wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia.
Bagi para pelajar juga sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak
informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di internet, dan
tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru.
Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, hanya semata-mata
mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana kedepannya.
Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran
yang lebih luas dan maju.
§ Mendapatkan
banyak ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa
depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi
kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan
orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan
berusaha.
§ Sarana
komunikasi, semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk
saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat,
mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan
jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan
teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan
teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang
kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan
di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat.
di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat.
§ Mencari
uang di internet, sangat mungkin, bisa dan masuk akal. Sudah
sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat internet bisa menjadi
sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai internet marketing
(misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum (baca: bukan teroris)
oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk
dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar)
untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Dan untuk informasi mengenai cara
mencari uang di internet bisa lewat pencarian google.
Sangat banyak manfaat internet yang bisa kita
peroleh. Seperti juga sebuah pisau tajam, untuk apa? Tergantung kita untuk
menggunakannya, selalu ada pilihan dari dua sisi yang berlawanan. Dan ini
juga berlaku hampir untuk semua hal di dunia. Semoga kita bisa mengambil yang
terbaik dari kemajuan teknologi, sisi positif dari manfaat internet
ini.
2. Maksud & Tujuan
Maksud pendirian
tersebut agar masyarakat sekitar lebih mengenal dunia teknologi yang terus
berkembang khususnya internet sebagai sarana mendapatkan informasi dan juga
alat untuk berkomunikasi.
Tujuan
Sosial:
a. Memudahkan
mengakses informasi secara lebih cepat, baik dari dalam negeri maupun luar
negeri.
b. Meningkatkan
mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi dalam
kehidupan sehari-hari
Tujuan
Komersial:
a) Sebagai
lahan berwirausaha.
b) Mendapatkan
Profit
3. Kebutuhan SDM
Untuk
mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
§ Konsultan
warnet
§ Tenaga
ahli listrik
§ Tenaga
ahli networking
§ Tenaga
ahli komputer
§ Marketing
§ Operator
warnet
Dari uraian kebutuhan
SDM diatas, saya akan memenuhi semua kecuali operator warnet,saya hanya mencari
dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari
biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali
operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.
Beberapa type
user WARNET paling dominan yang sering berkunjung:
1. Type Pemalu
User seperti ini biasanya malu buat
masuk sendirian, setiap ke WARNET mesti berdua, bertiga, bahkan bergerombol.
Dan sebelum masuk biasanya mereka ngobrol terlebih dahulu di depan WARNET,
diskusi, cubit-cubitan, tarik-tarikan, jambak-jambakan biar salah satu dari
mereka masuk ke warnet lebih dulu.
2. Type Cuek Bebek
Kadang type cuek bebek kaya gini yang bikin operator
ngerasa ga dihargai, mereka maen masuk ke WARNET tanpa bertanya dulu PC nomer
berapa yang kosong? alhasil kalau semua bilik lagi penuh, terus mereka keluar
dan bertanya "Kompienya lagi penuh semua ya kang?" gue sebagai
operator yang baik harus tetap bersikap ramah dan menjawab "Iya"
walapun dalam hati kesel dan pengen banget rasanya bilang "Makanya kalo
mau masuk nanya dulu!". Atau bahkan parahnya dari masuk sampe keluar ga
nyapa operatornya sama sekali kalau semua PCs lagi penuh (emang gue segede ini
ga keliatan kali ya!!)
3. Type Orang Tersesat
Pertama mau masuk... "Mas ini WARNET ya?" (padahal
udah jelas skotlet di depan bertuliskan WARNET), setelah masuk mereka bertanya
lagi "Mas ini pencet yang mana??" (kayanya baru pertama kali ke
WARNET nih, masa Personal n Paket aja ga tau!!), setelah sang OP memberitahu
dan melangkah menuju kursi duduk OP, sang user bertanya lagi "Mas
ini cara nyari data ini gimana???" setelah itu, ketika sang OP sedang
duduk mau nulis di blog, user-pun memanggil lagi "Mas kalo mau
simpen di flashdisk gimana???" (mending kursus aja dulu deh
'ser).
4.
Type
Dermawan
Type user seperti ini amat sangat
diharapkan oleh para OP yang sedang KANKER (kantong kering), biasanya mereka
tidak terlalu pusing dengan uang kembalian yang kurang bahkan makanan yang
mereka makan di WARNET selalu mereka tawarkan ke OP, dan kadang meminta tolong
membeli sesuatu dan dimakan bersama bahkan beli 2 (misalnya beli nasi 2,
gorengan, dll).
5. Type Ayam Bertelur
User yang seperti ini adalah yang sudah
PW/nyaman di salah satu PCs dan tidak mudah berpindah ke lain PC (gamers-lah
yang biasanya menyandang predikat ini), mereka rela menunggu beberapa jam untuk
bisa memakai kompie idaman, kalaupun sudah 'sakau' untuk nge-game dan
tak ada pilihan lain, maka keputusan akhirnya adalah memakai PC lain dan
berwasiat kepada OP kalau kompie idamannya sudah kosong, minta dipindahkan
dengan segera.
Nama latinnya dari type ini adalah Tybeurang
typeuting (ngarang) karena sedari siang sampe malem masih aja di WARNET,
tidur di WARNET, makan di WARNET (tapi ga jamin lho dia mandi di WARNET),
lagi-lagi gamers-lah yang patut menyandang gelar ini.
6. Type Tupai Melompat
Ada kan pepatahnya "Sepandai-pandainya tupai melompat,
pasti dia pegel juga", Type ini adalah salah satu type yang
merepotkan sang OP, karena mereka ga mau diem kalau lagi maen, apalagi WARNET
lagi dalam kondisi kosong, hampir semua dijelajahi itu PCs, pindah sana pindah
sini sampai mereka merasa PW/nyaman dengan PC yang sesuai dengan hatinya.
7. Type Pendengar Radio
User yang seperti ini biasanya yang maen
di dekat server dan me-request lagu kesayangannya atau lagu yang
sedang laris di pasaran baik meminta secara langsung ataupun kirim message
via chat billing.
8. Type Geniters
Tanpa mematok satu gender
karena bisa jadi sang user adalah cewe atau cowo bahkan mahluk ga jelas
sekalipun (WARIA dan sejenisnya), type ini jarang sekali dijumpai dan
kalaupun ada hanya OP yang mempunyai paras rupawan, tapi bisa juga walaupun
tampang OP-nya biasa aja. Mereka selalu CURPAN (curi-curi pandang) bahkan
memandangi OP secara terus menerus, entah karena kagum, mengharapkan kortingan,
gratisan atau mungki nomer HenPon.
II.
NAMA USAHA
Usaha
yang akan dikembangkan diberi nama “Piok – Net” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang
tetap.
III.
RENCANA LOKASI USAHA
Rencana Usaha adalah dokumen tertulis
yang disiapkan oleh seorang wirausaha yang menggambarkan hubungan faktor-faktor
internal dan eksternal yang terlibat dalam memulai bisnis baru.
Faktor-faktor fungsional yang terintegrasi :
-
pemasaran
-
keuangan
-
manufacturing (operasi)
-
sumberdaya manusia
Pihak lain yang terlibat pembuatan Rencana Usaha
selain Wirausahawan :
1.
Lawyers (Ahli Hukum)
2.
Akuntan
3.
Konsultan Pemasaran
4.
Engineers
Rencana
lokasi usaha akan di tempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1.
Lokasi dekat dengan kawasan kantor dan pendidikan seperti universitas atau
sekolah
2.
Lokasi berada di pusat keramaian
3.
Lokasi berada ditengah kawasan penduduk
Lokasi yang diprioritaskan terdapat
pada daerah Gorontalo dengan pertimbangan :
1.
Lokasi
belum ada warnet dalam radius 2 KM.
2.
Lokasi
dekat dengan perguruan tinggi atau kantor.
3.
Di
sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.
4.
Lokasi
berada pada perumahan penduduk.
5.
Lokasi
dekat dengan Kos-an Mahasiswa
IV.
TARGET PELANGGAN
Pengertian
pelanggan secara sempit adalah semua orang atau organisasi yang melakukan
pembelian produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Termasuk dalam
pengertian ini pembeli riil (yang benar-benar sudah membeli) atau pembeli
potensial (target market, pembeli pertama dan pembeli yang baru mengadakan
penjajakan).
Pengertian
pelanggan dalam arti luas adalah semua pihak yang mempunyai hubungan /
kepentingan dengan perusahaan (stake holders) seperti ; Supplier ,
Distributor/penyalur, pemilik perusahaan, kreditor/investor, karyawan
organik/non organik, pembeli produk & jasa.
Fokus
utama positioning adalah persepsi pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan
bukan hanya sekedar produk fisik. Keberhasilan positioning sangat ditentukan
oleh kemampuan sebuah perusahaan untuk mendeferensiasikan atau memberikan nilai
superior kepada pelanggan. Nilai superior sendiri dibentuk dari beberapa
komponen.
Target
pelanggan warnet ini adalah pelajar dan mahasiswa disekitarnya. Mereka adalah
pengguna internet dalam frekwensi tinggi. Umumnya mereka hanya membuka situs www.facebook.com , www.twitter.com dan
game seperti (PB, ATLANTICA, CS) dan
game online lainnya.
Di lokasi
yang di rencanakan tak jauh dari perguruan tinggi (UNIVERSITAS GORONTALO), SMA
(SMA NEGERI I LIMBOTO), SMP (SMP NEGRI I LIMBOTO).
Ada juga
perkantoran (GAPENSI, KANTOR BLH, KANTOR PERTANIAN, KANTOR BAPECAPIL, KANTOR
PU, KANTOR PERTANAHAN, KANTOR PENGADILAN NEGRI LIMBOTO, KANTOR PAJAK) dan masih
banyak kantor – kantor lainnya yang tak jauh dari lokasi pembangunan Warnet
yang saya rencanakan.
V.
JENIS USAHA
Jenis-Jenis Usaha Dalam Bidang
Ekonomi
a. Agraris
Usaha dalam bidang agraris
menggunakan lahan tanah sebagai faktor produksi utama. Misalnya pertanian,
perkebunan, peternakan dan perikanan.
Bidang agraris dapat menghasilkan
bahan pangan seperti padi, sayur, daging, ikan dan susu. Bidang ini juga dapat
menghasilkan bahan baku industri seperti tebu, cokelat kelapa sawit dan kapas.
b. Industri
Usaha bidang industri merupakan
jenis usaha yang mengola bahan mentah menjadi bahan jadi, bahan mentah menjadi
bahan setengah jadi, dan bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.
- Bahan
mentah adalah bahan yang perlu diolah dulu agar dapat memenuhi kebutuhan,
misalnya kapas dan kayu gelondongan.
- Bahan
setengah jadi adalah hasil olahan dari bahan mentah tapi masih perlu
diolah lagi agar siap digunakan, contoh benag bagi industri tekstil dan
tepung bagi industri roti.
·
Bahan
jadi adalah hasil akhir proses pengolahan yang sudah siap untuk digunakan,
misalnya baju, sepeda dan televisi.
c. Perdagangan
Usaha dalam bidang perdagangan
adalah jenis usaha menjual barang-barang produksi kepada pihak lain tanpa
mengola bahan tersebut. Misalnya pedagang beras, bahan bangunan dan makanan.
d. Jasa
Usaha bidang jasa adalah jenis usaha
yang tidak menghasilkan benda melainkan memberikan pelayanan kepada pihak lain
sesuai kebutuhan. Misalnya guru, dokter dan paramedis.
Jenis
usaha yang direncanakan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki adalah
:
1.
Warnet dan Game online
2.
Training internet lepas
3.
Service komputer
4.
Digital printing
5.
Video shooting dan transfer VCD
6.
Training komputer
7.
Penjualan voucher pulsa
8.
Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
VI.
KEUNGGULAN
Keunggulan yang di miliki antara
lain :
1.
Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat saya
lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa
pihak ketiga.
2.
Saya sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan
teknis untuk sekolah.
3.
Saya juga sudah sangat sering mengadakan pelatihan internet dan website kepada
pelajar dengan organisasi ekskul sekolah.
VII.
PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Perangkat
keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara
perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara
mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat
lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah
dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh
pengguna umum.
Perangkat
Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin
komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan
bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip
lainnya.
Perangkat
Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya
tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah
melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data
yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal,
diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur
sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Perangkat
keras yang akan digunakan dalan komputer dalam usaha ini adalah :
§ Komputer
Pentium 4 built up second sebanyak 10 unit, server Pentium Core 2 Duo 1 unit.
§ Perangkat
jaringan.
§ Koneksi
internet menggunakan Wireless dengan Telkomnet Speedy ADSL
§ Sistem
operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional atau sejenisnya.
VIII. MODAL DAN
LABA
Modal (pembelanjaan dari luar perusahaan)
dikelompokkan dalam dua jenis, yakni: hutang dan ekuitas (= modal sendiri).
Hutang mempunyai keunggulan berupa (Brigham and Gapenski, 1997: 767-768): 1)
bunga mengurangi pajak sehingga biaya hutang rendah, 2) kreditur memperoleh
return terbatas sehingga pemegang saham tidak perlu berbagi keuntungan ketika
kondisi bisnis sedang maju, 3) kreditur tidak memiliki hak suara sehingga
pemegang saham dapat mengendalikan perusahaan
dengan penyertaan dana yang kecil. Meskipun demikian, hutang juga mempunyai kelemahan, yaitu: 1) hutang biasanya berjangka waktu tertentu untuk dilunasi tepat waktu, 2) rasio hutang yang tinggi akan meningkatkan risiko yang selanjutnya akan meningkatkan biaya modal, 3) bila perusahaan dalam kondisi sulit dan labanya tidak dapat memenuhi beban bunga maka tidak tertutup kemungkinan dilakukan tindakan likuidasi.
dengan penyertaan dana yang kecil. Meskipun demikian, hutang juga mempunyai kelemahan, yaitu: 1) hutang biasanya berjangka waktu tertentu untuk dilunasi tepat waktu, 2) rasio hutang yang tinggi akan meningkatkan risiko yang selanjutnya akan meningkatkan biaya modal, 3) bila perusahaan dalam kondisi sulit dan labanya tidak dapat memenuhi beban bunga maka tidak tertutup kemungkinan dilakukan tindakan likuidasi.
Laba bagi
perusahaan pada hakekatnya adalah cerminan dari keberhasilan tujuan perusahan
itu sendiri, yaitu profit oriented. Perencanaan laba merupakan suatu
proses perencanaan keuangan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan
perencanaan imi manajer keuangan dapat menentukan aktivitas perusahaan untuk
mencapai target laba yang ditentukan.
Laba adalah kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari transaksi
sampingan atau transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha, dan dari
semua transaksi atau kejadian lain yang mempunyai badan usaha selama satu
periode, kecuali yang timbul dari pendapatan (revenue) atau investasi pemilik
(Baridwan, 1992: 55).
Pengertian laba secara umum adalah selisih dari pendapatan di atas
biaya-biayanya dalam jangka waktu (perioda) tertentu. Laba sering digunakan
sebagai suatu dasar untuk pengenaan pajak, kebijakan deviden, pedoman investasi
serta pengambilan keputusan dan unsur prediksi (Harnanto, 2003: 444).
Dalam teori ekonomi juga dikenal adanya istilah laba, akan tetapi
pengertian laba di dalam teori ekonomi berbeda dengan pengertian laba menurut
akuntansi. Dalam teori ekonomi, para ekonom mengartikan laba sebagai suatu
kenaikan dalam kekayaan perusahaan, sedangkan dalam akuntansi, laba adalah
perbedaan pendapatan yang direalisasi dari transaksi yang terjadi pada waktu
dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan pada periode tertentu (Harahap,
1997).
Laba atau rugi sering dimanfaatkan sebagai ukuran untuk menilai prestasi
perusahaan atau sebagai dasar ukuran penilaian yang lain, seperti laba per
lembar saham. Unsur-unsur yang menjadi bagian pembentuk laba adalah pendapatan
dan biaya. Dengan mengelompokkan unsur-unsur pendapatan dan biaya, akan dapat
diperoleh hasil pengukuran laba yang berbeda antara lain: laba kotor, laba
operasional, laba sebelum pajak, dan laba bersih.
Pengukuran laba bukan saja penting untuk menentukan prestasi perusahaan
tetapi penting juga penting sebagai informasi bagi pembagian laba dan penentuan
kebijakan investasi. Oleh karena itu, laba menjadi informasi yang dilihat oleh
banyak seperti profesi akuntansi, pengusaha, analis keuangan, pemegang saham,
ekonom, fiskus, dan sebagainya (Harahap, 2001: 259). Hal ini menyebabkan adanya
berbagai definisi untuk laba.
Modal
Awal :
1.
Perizinan Rp.
1.000.000
2.
- DP Sewa Gedung/Ruko Rp.
1.500.000
-
AC Rp.
1.000.000
-
Meja & Kursi 15 Set Rp.
2.300.000
-
Pendaftaran Pelanggan PLN+Pemasangan Rp.
1.000.000
-
Biaya Pemasangan Modem & Speedy Rp.
750.000
3.
10 Perangkat komputer Client
spesifikasi
:
-Processor
Intel Pentium 4 3,00 Ghz
-RAM
1 Gb
-Hardisk
40 Gb Rp. 3.000.000 x 10 Pc = Rp. 30.000.000
-Monitor
LC
-Keyboard
Classic
-Mouse
Optic
4.
1 Perangkat komputer Server
spesifikasi
:
-Processor
intel pentium Core 2 Duo
-RAM
2 Gb Rp.
5.000.000
-VGA
256 Mb
-Hardisk
80 Gb
-Keyboard
Multimedia
-Mouse
Optic
5.
Hardware
-Kabel
UTP 100 Meter Rp.
1.000.000
-Hub
25 Port Rp.
1.000.000
-Switch
Rp.
800.000
-Layanan
ISP Telkom Speedy + Modem Rp. 500.000
-Printer
Rp.
1.000.000
-Socket
RJ45 20 Buah Rp. 100.000
-Headset
& Webcam Rp. 200.000x10=Rp.2.000.000
-Speaker
untuk server Rp. 200.000
6.
Software
-
OS Ms Windows XP Professional Original Rp. 1.300.000
7.
Biaya Tak Terduga Rp.
500.000
8.
Biaya Pengiriman & Administrasi Rp.
3.000.000
Biaya
Operasional :
1.
Sewa Gedung Rp.
1.000.000/bln
2.
Biaya Listrik Rp.
750.000/bln
3.
Biaya Koneksi Internet Rp.
1.000.000/bln
Jumlah
Keseluruhan Rp. 56.700.000
Modal
yang saya butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1
bulan pertama adalah Rp 56.700.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp
6.500.000,- per bulannya.
Perkiraan
Pendapatan Kotor (Bruto):
Buka
Dari Jam 07.00 s.d. 24.00 =
17 Jam
Sewa
Per Jam =
Rp. 3000
Perkiraan
Sewa Per Hari =
10 Jam X 10
=
100 Jam
Perkiraan
Pendapatan Per Hari =
100 x 3000
=
Rp. 300.000
Perkiraan
Pendapatan Per Bulan =
Rp. 300.000 x 30
Total
=
Rp. 9.000.000
Perkiraan
Pengeluaran :
-
Listrik =Rp. 750.000/Bulan
-
Biaya Telpon & Speedy =Rp. 1.000.000/Bulan
-
Sewa Gedung/Ruko =Rp.
1.000.000/Bulan
-
Gaji Operator =Rp. 500.000/Bulan
Jumlah =Rp. 2.500.000
Perkiraan
Pendapatan Bersih/Bulan:
Pendapatan
Kotor =Rp. 9.000.000
Pengeluaran
=Rp. 2.500.000
Jumlah =Rp. 6.500.000
Sedangkan
modal untuk usaha selain warnet adalah mengambil dari beberapa sumber antara
lain:
1.
Penambahan modal oleh pemodal.
2.
Keuntungan bulanan pemodal,bila pengelola ingin ikut menambah investasi.
3.
Keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4.
Dari pemodal lain yang ingin ikut andil dalam menanamkan saham.
IX.
PEMBAGIAN HASIL
Suatu
sistem yang meliputi pembagian hasil usaha antara pemodal dan pengelola dana
pembagian hasil usaha. Misalnya, antara bank syariah dengan penyimpan dana
serta antara bank syariah dengan nasabah penerima dana. Akad yang digunakan
bisa menggunakan akad mudharabah dan akad musyarakah.
Prosentase pembagian hasil yang saya
tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untuk pengelola, dengan demikian
pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp. 2.400.000,-
perbulan. Dengan demikian diperkirakan pemodal akan kembali modal paling lama
24 bulan.
X.
BIAYA PENYUSUTAN
Alokasi
biaya yang tepat harus dilakukan diantara berbagai pos aktiva keperiode-periode
akuntansi untuk menunjukan alokasi harga perolehan aktiva tetap.Demikian pula
biaya umum yang berkenaan dengan lebih dari satu aktivitas harus
didistribusikan dengan tepat menurut dasar pembebanan yang layak, seperti
faktor waktu atau faktor penggunaan.
Zaki
Baridwan (1992:307) Mendefinisikan penyusutan adalah pengalokasian sebagian
dari harga perolehan aktiva yang secara sistematis dialokasikan menjadi biaya
setiap periode akuntansi. Dalam PSAK No.17 paragraf 02 mendefinisikan bahwa
penyusutan adalah alokasi jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan sepanjang
masa manfaat yang diestimasi, penyusutan untuk periode akuntansi dibebankan
kependapatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari definisi tersebut
mengandung pengertian bahwa penyusutan dapat dilakukan pada aktiva yang
mempunyai masa manfaat dan penyusutan tersebut dialokasikan menjadi biaya pada
periode akuntansi.
Estimasi
dari masa manfaat suatu aktiva yang dapat disusutkan untuk suatu perusahaan,
mungkin lebih pendek dari pada usia fisiknya, hal ini mungkin disebabkan aktiva
tersebut aus dan kerusakan fisik yang tergantung pada faktor operasional,
seperti frekwensi penggunaan aktiva, program perbaikan dan pemeliharaan, dan
factor-faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, faktor keusangan yang timbul
dari perubahan teknologi atau perbaikan dalam produksi dan pembahasan hukum
seperti tanggal batas penggunaan.
Penyusutan atau Depresiasi Aktiva Tetap adalah
pengalokasian harga perolehan aktiva tetap untuk periode-periode aktiva
tersebut digunakan. Suatu barang semakin lama kondisinya & nilainya akan
menurun, sehingga kita perlu mengalokasikan harga perolehannya itu selama umur
barang itu bisa dipakai.
Contoh –
Pengusaha Warnet
Perusahaan membeli satu unit komputer seharga 6 juta, pengeluaran ini jangan
langsung dibeban pada laba rugi karena komputer kan ga langsung habis seperti
beli tinta atau kertas. Maka munculah yg dinamakan “biaya penyusutan”
Hal-hal yang menyebabkan penyusutan:
1.
Faktor
Teknis
a. rusak
b. aus
c. bencana alam
dll
2.
Faktor Ekonomis
a. Harga perolehan
b. nilai sisa
c. Umur ekonomis
d. Metode penyusutan yang digunakan
Pada perinsipnya jumlah asset
pemodal adalah sama baik saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke 2,
dst. Karena saya menganggarkan biaya penyusutan sebesar 2,5% perbulan dari
semua aset milik pemodal sehingga total asset pemodal tetap walaupun harga
barang menjadi susut atau rusak.
XI.
SURAT PERJANJIAN
PERJANJIAN merupakan suatu “perbuatan”, yaitu perbuatan
hukum, perbuatan yang mempunyai akibat hukum.
Perjanjian juga bisa dibilang sebagai perbuatan untuk memperoleh seperangkat hak
dan kewajiban, yaitu akibat-akibat hukum yang merupakan
konsekwensinya. Perbuatan hukum dalam perjanjian merupakan perbuatan-perbuatan
untuk melaksanakan sesuatu, yaitu memperoleh seperangkat hak
dan kewajiban yang disebut prestasi. Prestasi itu meliputi
perbuatan-perbuatan:
§ Menyerahkan
sesuatu, misalnya melakukan pembayaran harga barang dalam perjanjian
jual beli barang.
§ Melakukan
sesuatu, misalnya menyelesaikan pembangunan jembatan dalam perjanjian
pemborongan pekerjaan.
§ Tidak
melakukan sesuatu, misalnya tidak bekerja di tempat lain selain
perusahaan tempatnya bekerja dalam perjanjian kerja.
Perjanjian melibatkan sedikitnya dua pihak yang saling memberikan
kesepakatan mereka. Para pihak ini berdiri berhadap-hadapan
dalam kutub-kutub hak dan kewajiban. Pihak yang berkewajiban
memenuhi isi perjanjian disebut debitur, sedangkan pihak lain
yang berhak atas pemenuhan kewajiban itu
disebut kreditur. Dalam perjanjian jual beli mobil, sebagai
penjual Gareng berhak memperoleh pembayaran uang harga mobil, dan disisi lain
ia juga berkewajiban untuk menyerahkan mobilnya kepada Petruk. Sebaliknya,
sebagai pembeli Petruk wajib membayar lunas harga mobil itu dan ia sekaligus
berhak memperoleh mobilnya.
Selain orang-perorangan (manusia secara biologis), para
pihak dalam perjanjian bisa juga terdiri dari badan hukum.
Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan hukum yang dapat menjadi salah satu
pihak – atau keduanya – dalam perjanjin. Kedua-duanya merupakan subyek hukum,
yaitu pihak-pihak yang dapat melakukan perbuatan hukum, pihak-pihak yang
mengemban hak dan kewajiban. Suatu badan hukum segala perbuatan hukumnya akan
mengikat badan hukum itu sebagai sebuah entitas legal (legal entity).
Meskipun perbuatan badan hukum itu diwakili pemimpinnya – misalnya Direktur
dalam Perseroan Terbatas – namun perbuatan itu tidak mengikat pemimpin badan
hukum itu secara perorangan, melainkan mewakili perusahaan sebagai legal
entity.
Dalam pelaksanaannya, jika terjadi pelanggaran perjanjian, misalnya salah
satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya (wanprestasi)
sehingga menimbulkan kerugian pada hak pihak yang lain, maka pihak yang
dirugikan itu dapat menuntut pemenuhan haknya yang dilanggar. Kalau Gareng
sepakat untuk menjual mobilnya kepada Petruk, demikian juga Petruk sepakat
untuk membeli mobil itu dari Gareng, maka keteledoran Petruk melakukan
pembayaran harga mobil secara tepat waktu akan melanggar hak Gareng.
Selain melanggar hak, keteledoran Petruk juga dapat merugikan Gareng karena
Gareng tidak bisa menjual mobil itu ke pihak lain yang memiliki komitmen lebih
tinggi – secara waktu Gareng telah dirugikan.
Tujuan perjanjian layaknya membuat undang-undang, yaitu
mengatur hubungan hukum dan melahirkan seperangkat hak dan kewajiban. Bedanya,
undang-undang mengatur masyarakat secara umum, sedangkan perjanjian hanya
mengikat pihak-pihak yang memberikan kesepakatannya. Karena setiap orang
dianggap melek hukum, maka terhadap semua undang-undang masyarakat
telah dianggap mengetahuinya – sehingga bagi mereka yang melanggar, siapapun,
tak ada alasan untuk lepas dari hukuman. Demikian pula perjanjian, bertujuan
mengatur hubungan-hubungan hukum namun sifatnya privat, yaitu hanya para pihak
yang menandatangani perjanjian itu saja yang terikat. Jika dalam pelaksanaannya
menimbulkan sengketa, perjanjian itu dapat dihadirkan sebagai alat bukti di
pengadilan guna menyelesaikan sengketa. Perjanjian membuktikan bahwa hubungan
hukum para pihak merupakan sebuah fakta hukum, yang dengan fakta itu
kesalahpahaman dalam sengketa dapat diluruskan – bagaimana seharusnya hubungan
itu dilaksanakan dan siapa yang melanggar.
Surat Perjanjian adalah Naskah Dinas yang
berisi suatu kesepakatan bersama yang mengikat antara pihak-pihak tertentu
untuk melakukan tindakan/perbuatan hukum yang telah disepakati bersama.
Demi keamanan investasi, saya menawarkan surat perjanjian yang
ditandatangani oleh pemodal dan pengelola dan dibubui materai secukupnya agar
mempunyai kekuatan hukum.
XII.
STRATEGI PROMOSI
Definisi strategi adalah cara untuk mencapai tujuan
jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi,
akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan
joint venture (David, p.15, 2004).
Pengertian strategi adalah Rencana yang disatukan, luas
dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan
tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari
perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi (Glueck
dan Jauch, p.9, 1989).
Pengertian strategi secara umum dan khusus sebagai
berikut:
1. Pengertian Umum
Strategi adalah proses penentuan rencana para
pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai
penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
2. Pengertian khusus
Strategi merupakan tindakan yang bersifat
incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan
berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di
masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat
terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi
pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core
competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang
dilakukan.
Perumusan Strategi
Perumusan strategi merupakan proses
penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan
misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta
merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan
customer value terbaik.
Beberapa langkah yang perlu dilakukan
perusahaan dalam merumuskan strategi, yaitu:
1. Mengidentifikasi lingkungan yang akan
dimasuki oleh perusahaan di masa depan dan menentukan misi perusahaan untuk
mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut.
2. Melakukan analisis lingkungan internal dan
eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang
akan dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan misinya.
3. Merumuskan faktor-faktor ukuran
keberhasilan (key success factors) dari strategi-strategi yang dirancang
berdasarkan analisis sebelumnya.
4. Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
4. Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
5. Memilih strategi yang paling sesuai untuk
mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. (Hariadi, 2005).
Promosi pada hakekatnya adalah suatu
komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan
informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas
perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219).
Sementara Sistaningrum (2002 : 98)
mengungkapkan arti promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam
mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” agar mereka mau
melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang
akan datang. Konsumen aktual adalah konsumen yang langsung membeli produk yang
ditawarkan pada saat atau sesaat setelah promosi produk tersebut dilancarkan
perusahaan. Dan konsumen potensial adalah konsumen yang berminat melakukan
pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan dimasa yang akan datang.
Adapun tujuan dari pada perusahaan melakukan
promosi menurut Tjiptono (2001 : 221) adalah menginformasikan (informing),
mempengaruhi dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding)
pelangggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Sistaningrum (2002 : 98)
menjelaskan tujuan promosi adalah empat hal, yaitu memperkenalkan diri,
membujuk, modifikasi dan membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali
tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.
Pada prinsipnya antara keduanya adalah sama,
yaitu sama-sama menjelaskan bila produk masih baru maka perlu memperkenalkan
atau menginformasikan kepada konsumen bahwa saat ini ada produk baru yang tidak
kalah dengan produk yang lama. Setelah konsumen mengetahui produk yang baru,
diharapkan konsumen akan terpengaruh dan terbujuk sehingga beralih ke produk
tersebut. Dan pada akhirnya, perusahaan hanya sekedar mengingatkan bahwa produk
tersebut tetap bagus untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan karena banyaknya
serangan yang datang dari para pesaing.
Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu
kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis
kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.
1.
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam
rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
2.
Saya akan
menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang
akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan
strategi ini, saya menargetkan
bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk
tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek.
XIII.
PENUTUP
Demikian proposal yang saya buat,
semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan
lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih.
LAMPIRAN
CURRICULUM VITAE (CV) PEMILIK WARNET
Data Pribadi:
Nama Lengkap : Lisriyanti R. Mahmud
Tempat/Tgl. Lahir : Tibawa, 30 Mei 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. ..............................
Kel. ...... Kec. ..............., Kab. .............. - Gorontalo
No. Telp/Hp : 085240xxxxxx
Nama Lengkap : Lisriyanti R. Mahmud
Tempat/Tgl. Lahir : Tibawa, 30 Mei 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. ..............................
Kel. ...... Kec. ..............., Kab. .............. - Gorontalo
No. Telp/Hp : 085240xxxxxx
Pendidikan Formal :
1. UNIVERSITAS GORONTALO,FAKULTAS EKONOMI (Manajemen Keuangan)
1. UNIVERSITAS GORONTALO,FAKULTAS EKONOMI (Manajemen Keuangan)
2. MA Negeri Limboto, lulusan tahun 2008 (Berijazah)
3. SMP Negeri I pulubala, lulusan tahun 2005 (Berijazah)
4. SD Negeri I Molalahu, Lulus tahun
2002 (Berijazah)
Demikian daftar riwayat hidup
ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Atas
perhatian bapak/ibu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Lisriyanti R. Mahmud
1 komentar:
usaha warnet sekarang mah gimana ya bisnis warnet sekarang mah ngeri-ngeri sedap, apalagi sekarang ini sudah banyak hp andorid murah nan canggih, yang bisa memainkan game2 yang gak kalah juga dengan game pc, browsing pun makin mudah dihp apalagi paketan data inet semakin murah, solusinya warnet kudu bisa trasformasi menjadi warfi/warung wifi yang melayani penjualan voucher wifi untuk hp2 itu. salam warnet Gea tahun 2019 moga jaya
Post a Comment